MENHUB RI TINJAU BANDARA TUANKU TAMBUSAI ROKAN HULU

Pekanbaru, Riau - Untuk pertama kalinya Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) atau meninjau Bandara Tuanku Tambusai yang berada di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Senin(27/5/2024).

Menhub Budi Karya Sumadi mendorong Potensi Bandara Tuanku Tambusai agar dapat di optimalkan keberadaannya guna meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian Masyarakat.

“Dengan di optimalkannya Bandara Tuanku Tambusai, maka Masyarakat akan semakin mudah untuk melakukan perjalanan dari Kabupaten Rohul ke tempat -tempat yang lainnya,” kata Menhub Budi saat mengunjungi Bandara Tuanku Tambusai yang langsung disambut hangat oleh Bupati Rohul,H.Sukiman dan Jajarannya, serta Dandim 0313/KPR , dan Kapolres Rohul, serta pejabat  lainnya. 

Menurut Menhub, konektivitas Bandara tersebut jangan hanya terbatas ke Batam saja, namun, juga bisa ke daerah lain seperti Medan atau wilayah -wilayah lainnya.
Oleh karena itu, Menhub berharap Bandara Tuanku Tambusai dapat segera diajukan penyerahannya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

“Menurut saya, Bandara Tuanku Tambusai sudah bagus, apalagi sekarang ini sudah ada konektivitas ke Batam seminggu dua kali. Namun demikian, ada satu hal yang memang perlu diselesaikan yakni terkait penyerahan aset ke Kementerian Perhubungan,” ujar Menhub. 

Terkait hal itu, Menhub pun sudah menyampaikan kepada jajaran Forkompimda di Provinsi Riau agar ber- koordinasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, sehingga proses penyerahan aset bisa segera dilaksanakan.

“Apabila sudah diserahkan, maka perawatan -perawatan Bandara bisa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan,” jelas Menhub.

Menhub Budi Karya Sumadi menambahkan, Bandara Tuanku Tambusai memiliki Runway berdimensi 1.300 m x 30 m, sehingga bisa didarati oleh Pesawat berjenis ATR.72-500/600. Adapun luas terminal Bandara ini sebesar 3.630 meter persegi.

Sementara itu, terkait rute penerbangan, Bandara Tuanku Tambusai melayani Rute :  Batam - Pasir Pengaraian dengan frekuensi dua kali dalam seminggu. Maskapai yang melayani rute tersebut sejauh ini adalah Susi Air.

Turut hadir dalam kunjungan Menhub antara lain : mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution, Bupati Rokan Hulu Sukiman, serta Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi, serta Unsur Forkopimda Rohul. *(asp supratman)

Komentar Via Facebook :