Kodim 0119/BM dan Pemda Bener Meriah Gelar KB Kesehatan

 Aceh - Redelong - Komando Distrik Militer 0119/Bener Meriah bersama Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan bertepatan pada peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 dan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bener Meriah ke LXXI. Rabu 15/06/2022

Kegiatan tersebut berlangsung di Puskesmas Simpang Teritit Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah.

Komandan Kodim 0119/BM Letnan Kolonel Inf Eko Wahyu Sugiarto mengatakan, Pagelaran kegiatan Manunggal KB Kesehatan sebagai upaya pengendalian penduduk dan penyebaran di Kabupaten Bener Meriah.

"Angka kelahiran terus meningkat dan pertumbuhan penduduk masih tinggi, karena itu perlu diimbangi dengan adanya peningkatan pelayanan dan perawatan kesehatan yang layak dan  memadai bagi masyarakat sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat lapisan bawah," ujarnya

Dandim menyampaikan KB Kesehatan tersebut merupakan kesepakatan TNI dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). tukas Dandim

Sementara Wakil Bupati Dailami dalam sambutannya mengatakan, Sampai saat ini masih banyak yang berpikiran bahwa KB merupakan pembatasan anak menjadi dua orang, padahal tidak. Dengan adanya keluarga berencana tidak hanya membatasi jumlah anak dua orang saja namun betujuan agar masyarakat betul-betul  merencanakan khususnya dengan potensi dan kebutuhan serta sesuai dengan kondisi ekonomi  yang ada dalam suatu keluarga.

Terkait KB dan Stunting ia menjelaskan, bahwa anak atau penduduk merupakan  aset yang sangat penting dan menentukan maju mundurnya suatu bangsa.

"Atas dasar kwalitas dan kuantitas pertumbuhan penduduk menjadi perhatian Pemerintah Daerah kedepannya, kita harus menyeimbangkan kuantitas penduduk dengan ketersediaan pangan dan energi yang ada," jelas Wabup.

Wabup berharap, dengan momentum peringatan Harganas ke-29 Manunggal KB Kesehatan dan HUT IBI ke-71 di Bener Meriah, Tim TPK atau tim pendamping keluarga agar dapat membantu dalam upaya penurunan Stunting yang bisa dilakukan mulai pada intervensi dari hulu. tandas Dailami

Dalam kegiatan tersebut, Wabup, Dandim dan Forkopimda plus menyempatkan diri melihat pelaksanaan pengobatan gratis, Khitanan Massal hingga pemberian penghargaan kepada ASN yang berkontribusi pada dunia kesehatan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Dailami, Kajari Bener Meriah Agus Suroto S.H, M.H. beserta istri, Wakapolres Kompol Adi Sopyan, Kadis Kesehatan, Kadis PPPA, Danramil 02/Wih Pesam, Kapolsek dan tamu undangan. Tutupnya.(Kiki)

Komentar Via Facebook :