Silaturahmi Media, Kapolda Irjen Iqbal Sambangi Tribun Pekanbaru

PEKANBARU - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, bersilaturahmi ke Kantor Tribun Pekanbaru di Jalan Harapan Raya Pekanbaru, Senin (10/1/2022) sore.

Kedatangan Jenderal bintang dua itu yang turut didampingi para pejabat utama Polda Riau, seperti Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum), Kombes Pol Teddy Ristiawan, Komandan Satuan Brimob, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, disambut sejumlah unsur pimpinan dan staf Tribun Pekanbaru. 

Diantaranya Pemimpin Redaksi, Syarief Dayan, Pemimpin Perusahaan, Anwar Helmi, Manager Liputan, Febri Hendra, Manager Iklan, Ariya, dan beberapa lainnya.

Usai penyambutan, kegiatan ramah tamah Irjen Iqbal dan rombongan bersama tim Tribun Pekanbaru dilanjutkan di ruang rapat lantai. Obrolan diskusi soal isu di Bumi Lancang Kuning, diselingi dengan candaan pun berlangsung hangat.

Dalam penyampaiannya, mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut, mengaku senang bisa berkunjung ke Tribun Pekanbaru. Menurutnya, bagi polisi media sangat penting, dan menjadi mitra strategis.

Ia turut memohon doa dan dukungan, untuk menjalankan tugas sebagai pimpinan Korps Bhayangkara Riau.

Irjen Iqbal menyampaikan rasa terimakasih. Karena sejak awal surat telegram mutasi keluar dan diamanahkan menjadi Kapolda Riau, ia sudah mendapat dukungan dari Tribun Pekanbaru lewat sejumlah pemberitaan. Ia mengaku sangat senang.

Ia berharap, sinergitas dan kerjasama antara Polda Riau dan Tribun Pekanbaru, bisa lebih ditingkatkan dan lebih harmonis lagi ke depan. Irjen Iqbal bahkan tak sungkan, jika dirinya lebih dipandang sebagai sahabat.

"Bagi polisi, media sangat penting. Menjadi mitra strategis. Khususnya dalam pemeliharaan kamtibmas, menyampaikan program Polri, dan edukasi ke masyarakat," kata Irjen Iqbal.

Bahkan mantan Kadiv Humas Polri itu mengibaratkan, polisi dan media tak ubahnya seperti ikan dan air. Tak terpisahkan, dan saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Terlebih di era pandemi saat ini, jebolan Akpol 1991 tersebut berujar, peran media sangat diperlukan. Misalnya, dalam memberikan pemahaman ke masyarakat, jika vaksinasi sangat penting untuk menangkal virus covid-19.

Hal ini terbukti. Di Provinsi Riau sudah melampaui target vaksinasi nasional. Riau sudah melebihi angka 78 persen lebih.

"Semua elemen masyarakat mengambil peran penting dalam laju vaksinasi. Termasuk media. Percepatan vaksinasi kita luar biasa," sebut Kapolda Riau.

Ia berharap, dengan vaksinasi, yang saat ini juga masih berlangsung khususnya bagi lansia dan anak-anak, herd immunity akan cepat terbentuk. Sehingga pandemi covid-19 yang saat ini juga terus bermutasi menjadi varian baru, bisa dicegah penularannya.

Dengan begitu, roda perekonomian masyarakat pastinya juga akan ikut membaik. Menurutnya, ini bisa dicapai jika semua masyarakat bekerjasama.

Bahkan Irjen Iqbal menegaskan, dirinya juga memberikan target kepada jajarannya. Agar turut aktif dalam memaksimalkan capaian vaksinasi di masyarakat Riau.

Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru, Syarief Dayan menyampaikan ungkapan terima kasih atas kedatangan Irjen Iqbal. Tribun Pekanbaru merasa terhormat dengan kedatangan Kapolda Riau.

Dipaparkan Syarief Dayan, bagi dirinya, sosok Irjen Iqbal bukanlah orang yang asing. Karena dulunya ketika masih bertugas sebagai jurnalis di lapangan, ia sempat bertemu dengan Iqbal, saat menjabat Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru.

"Kami siap mendukung program Pak Jenderal, kita tentunya bisa berkolaborasi untuk membangun Riau yang lebih baik," ungkapnya.

Syarief Dayan berujar, Tribun Pekanbaru sebagai media besar, siap mendukung Polda Riau, lewat multi platform yang dipunyai.

Syarief Dayan juga sempat bercerita soal kedekatannya dulu dengan sosok polisi yang murah senyum itu. Banyak pula pembelajaran yang didapat Syarief Dayan, saat beberapa tahun lalu bertemu Iqbal.

Dalam pertemuan itu, Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru Syarief Dayan, juga menyerahkan cinderamata berupa baju kaos khas tim redaksi Tribun Pekanbaru, dengan slogan 'Melangkah Bersama'. Ia berharap, kalimat ini bisa diadopsi dalam hubungan kerjasama Polda Riau dan Tribun Pekanbaru ke depan.

Tak hanya itu, Kapolda Riau juga diajak berkeliling. Melihat aktivitas di dapur redaksi, dan menyaksikan secara dekat mesin cetak koran Tribun Pekanbaru.( Humas Polda Riau/ Rhm)

Komentar Via Facebook :