Mendadak..! Sekda Rohul Abdul Haris Mundur dari Jabatan,Begini Penjelasan Bupati Sukiman

Rokan Hulu - Informasi mengejutkan, terkait Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu, H.Abdul Haris Lubis, S.Sos M.Si mendadak mengundurkan diri, berita ini sempat membuat heboh warga Rohul namun hal ini di benarkan oleh Bupati Sukiman usai Upacara HUT Rohul ke 22  di halaman Kantor Bupat Rohul, Selasa (12/10/2021) Pagi

" Terhitung mulai Senin (11/10/2021), Abdul Haris Resmi mengundurkan diri dari jabatannya, dan  pengunduran dirinya diumumkan oleh Bupati Rohul Sukiman kepada ASN usai mengikuti upacara peringatan HUT Rohul Ke-22 di halaman Kantor Bupati Rohul, Selasa (12/10/2021) pagi.

Kabar Abdul Haris Lubis mengundurkan diri dari jabatannya, diakui Sukiman, dirinya sudah menerima surat pengunduran diri Abdul Haris dari jabatanya sebagai Sekda Rohul. 

Dalam surat pengunduran dirinya, Abdul Haris menjelaskan, ingin fokus menyelesaikan pendidikannya pada program Doktor dan pindah menjadi ASN di Lingkungan Pemprov Riau.

"Dalam suratnya, Haris ingin fokus menyelesaikan pendidikan Dokter, dan Dia selama ini ingin menyelesaikan program doktornya. Bila menjabat Sekda terus dia tidak bisa fokus sehingga beliau ingin pindah ke Pekanbaru," Jelas Sukiman kepada sejumlah wartawan

Setelah pengunduran diri Abdul Haris sebagai Sekda Rohul, Bupati Sukiman, mengaku telah menunjuk Kepala Bappeda Rohul Muhamad Zaki sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Rohul. 

Muhammad Zaki ditunjuk sebagai Plh Sekda Rohul,  yang kedua kalinya setelah sebelumnya dirinya juga jabat  Plh Sekda Rohul, ketika Abdul Haris tengah mengajukan cuti karena terpapar Covid-19.

Diakui Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rohul Fatanalia Putra menyatakan, Bupati Rohul sudah terbitkan SK penunjukan MUhammad Zaki sebagai Plh Sekda Rohul, terhitung Senin 11 Oktober 2021 setelah menyetujui pengunduran diri Abdul Haris sebagai Sekda Rohul.

Penunjukan Plh Sekda sangat penting untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda di tengah pembahasan RAPBD 2022 dan pengajuan RPJMD 2021-2026 yang bergulir di DPRD.

"Salah satu pertimbangan pak Bupati menunjuk Pak Zaki sebagai Plh sekda karena beliau adalah Kepala Bappeda yang memang sebagai OPD yang mengurusi APBD dan RPJMD,  Absul Haris mengundurkan diri sebagai Sekda agar tidak mengganggu agenda pembahasan APBD 2022 dan RPJMD yang kini tengah diproses di DPRD," kata Fatanalia.

***(Alfian Top)
 
 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait