Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual,Wabup Rohul Ajak Masyarakat Pahami Nilai-nila Pancasila

Rohul - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ditengah Pandemi Covid-19, Tetap berlangsung dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan dimana Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya Jakarta Timur, Jum'at (1/10/2021).

Pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 mengangkat Tema " Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila".

Sementara di Wilayah dan Daerah di Indonesia mengikuti Pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 dapat mengikuti secara Daring terutama bagi Wilayah atau Daerah yang masih berada dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 4. Sedangkan Wilayah dan Daerah yang berada pada PPKM Level 2 mendapatkan izin melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 dengan Sederhana tentu dengan tetap menerapkan Protkes Covid-19.

Selanjutnya di Kabupaten Rokan Hulu sendiri juga mengikuti pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 secara Virtual di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Rokan Hulu dengan menerapkan Protkes yang ketat mamatuhi 3M ( menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) meskipun Kabupaten Rohul berada pada PPKM Level 2.

Hal ini dilakukan mengingat khawatir akan terjadi nya Claster baru jika melakukan Upacara langsung tentu tidak lepas dari mengumpulkan Peserta Upacara. Oleh karena itu dalam pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 dilakukan secara Virtual seperti tahun sebelumnya.

Tampak hadir mengikuti Upacara ini, Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan, Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Dandim 0313/KPR Diwakili oleh Pabung Rohul Kapten Inf Asril Samik, Kajari Rohul Pri Wicaksono, Serta beberapa Pejabat Eselon II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu 

Pelaksanaan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 ini berlangsung khidmat dan lancar.

Usai pelaksanaan Upacara secara Virtual, Wakil Bupati Rokan Hulu menyampaikan saat dikonfirmasi media bahwa Pemerintah Rokan Hulu sengaja tidak dilakukan upacara langsung mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, akan tetapi Pelaksanaan Upacara tetap di ikuti secara Virtual langsung bersama Pemerintah Pusat yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo.

Wabup juga menyampaikan dimana Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan revolusi yang telah gugur oleh kebejatan Komunis dalam gerakan yang dikenal dengan G 30S/PKI tahun 1965 dengan menyebarkan Fitnah akan adanya Gerakan Dewan Jenderal.

Dirinya juga mengingatkan dimana dengan Hari Kesaktian Pancasila ini membuat kita tahu akan peran penting dari makna Pancasila yang tersusun dalam tatanan Kepemerintahan Indonesia. Dimana Ketuhanan Yang Maha Esa bermakna di Negara Indonesia setiap Paham agama diberikan kebebasan dalam memeluk agama dan kepercayaan masing-masing, kemanusiaan yang adil dan beradab bermakna kesetaraan antar semua manusia, 

Persatuan Indonesia bermakna setiap Warga Negara Indonesia memiliki tempat untuk Berteduh dan Berlindung, Kerakyatan yang dipimpin oleh Khidmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan perwakilan bermakna untuk dapat saling menghargai pendapat dan pandangan orang lain dengan tidak memaksakan kehendak serta Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia bermakna saling bahu-membahu dan bergotong royong demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

Wabup Indra Gunawan juga mengajak Seluruh Masyarakat Rokan Hulu agar dapat memahami Makna Lambang Pancasila dan Nilai Nilai yang terkandung didalamnya sebagai pandangan hidup dalam sikap sehari-hari. ( Rls/Alfian)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait