Konsep,Warga Belajar,PKBM Islam Zaliyah Rohul Ukir Kreasi Inovatif,Ciptakan,Life Skill

ROKAN HULU - Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Islam Zaliyah  di Kampung Baru Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), telah banyak mengukir dan menciptakan inovasi-inovasi kreatif.

"Bahkan kita,  pernah juga ikut lomba-lomba yang diselenggarakan  dinas terkait tingkat kabupaten maupun Nasional," sebut Ketua Yayasan PKBM Islam Zaliyah, Hamsanah, M Pd, Senin (27/9/2021).

Lanjutnya, PKBM Islam Zaliyah, pernah mendapatkan urutan ke 8 dalam ajang bergengsi Nasional.

"Tidak hanya itu, PKBM Zaliyah  juga sudah menamatkan sekitar  300 masyarakat putus sekolah," tuturnya lagi

"Baik itu usia produktif maupun ibu-ibu muda bapak-bapak muda diumumkan lewat media radio cetak maupun jemput bola ke desa-desa terpencil," paparnya.

Lanjutnya, di PKBM Zaliyah anak-anak putus sekolah atau disebut dengan 'Warga Belajar', tidak hanya belajar bidang studi. "Namun lebih kepada 'life skill, ilmu yang mereka peroleh lebih bermanfaat dan bisa membantu perekonomian keluarga," ujarnya.

Contohnya membuat barang atau bahan limbah menjadi produktif ber- manfaat. "Dengan ada skill, secara tidak langsung mereka bisa berwirausaha baik secara online maupun langsung," tambah Hamsanah, MPd.

Tidak hanya itu, sambungnya,  keahlian eletronik juga diajarkan seperti editing Vidio, komputer dan lainnya. "Dengan demikian alternatif sekolah pormal sudah jelas sekarang. Namun himbauan kita utamakan sekolah formal," pungkasnya mengakhiri.
***(Alfian Top)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait