Wabup Rohul Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Produktif

Rokan Hulu – Puncak kegiatan lomba “Aku Hatinya PKK” (Amalkan dan Kukuhkan, Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) yang diikuti TP PKK Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) memasuki tahap akhir yaitu Penilaian oleh Pokja III TP PKK Provinsi Riau, Kamis (23/9/2021).

Kedatangan Tim Penilai yang dipimpin Ir Hj. Sefni Jamal dan Hj. Mahdaleta S.Sos di Negeri Seribu Suluk disambut hangat Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan dan Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj. Sri Yulita serta Kepala OPD, di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Rohul.

Sebelum penilaian, Pengurus TP PKK Rohul dan Desa Kumain mengekspose kegiatan dalam lomba “Aku Hatinya PKK” serta Program PKK, Capaian-Capaian dan Prestasi PKK dalam berbagai perlombaan baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

Selain itu Wabup Rohul H. Indra Gunawan menyerahkan sebanyak 106 Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Kepala Desa Kumain Darwadi

Saat melakukan Penilaian “Aku Hatinya PKK”, Wabup dan Wakil Ketua TP PKK Rohul ikut mendampingi Tim Penilai menyisir tempat-tempat yang menjadi penilaian seperti Kantor PKK, Posyandu Desa, Rumah Warga dengan item penilaian Halaman Rumah teratur asri dan nyaman.

Disela mendampingi Tim Penilai, Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengatakan atas nama Pemkab Rohul sangat mengapresiasi atas terlaksananya perlombaan “Aku Hatinya PKK” dalam rangka memperingati HKG PKK Riau.

Lanjut Wabup, Pemkab Rohul pada prinsipnya sangat mengapresiasi lomba Aku Hatinya PKK ini sebagai edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman sayuran dan mewujudkan halaman rumah yang teratur asri dan bersih.

“Kami juga ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tim Penilai dalam lomba “Aku Hatinya PKK” tahun 2021 di Kabupaten Rohul Negeri Seribu Suluk. Semoga kegiatan ini bisa menambah semangat untuk terus mengevaluasi program PKK di masa yang akan datang,” harap Wabup

Wabup juga menilai kegiatan-kegiatan ini sangat positif dan patut untuk dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan di Desa-Desa di Rohul. Oleh karena itu Ia meminta kegiatan yang bernafaskan 10 program pokok PKK tidak hanya berhenti dilaksanakan dalam rangkaian HKG ini saja, namun hendaknya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti halnya lomba Aku Hatinya PKK, yang berarti Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman ini akan diadakan penilaiannya hari ini, merupakan suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman disekitar atau pekarangan rumah dengan menanam tanaman produktif,” ujarnya

Wabup Indra Gunawan mengajak masyarakat jadikan penilaian lomba Aku Hatinya PKK hari ini sebagai momentum untuk mengevaluasi kekurangan dan melakukan perbaikan khususnya dalam kegiatan Aku Hatinya PKK.

Sehingga manfaat program Aku Hatinya PKK ini dapat langsung menyentuh hati masyarakat dan manfaatnya pun tidak hanya dirasakan untuk diri sendiri, akan tetapi dapat memberikan manfaat tambahan untuk masyarakat sekitar.

“Kepada tim penilai yang telah hadir bersama kita, kami harapkan dapat memberikan penilaian yang terbaik sehingga dapat memotivasi Tim PKK Kabupaten Rohul untuk lebih baik lagi di masa yang akan datang,” harap Wabup

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Rohul Hj Sri Yulita berharap lomba “Aku Hatinya PKK” tahun 2021 mendapatkan hasil yang terbaik dan teristimewa. Pasalnya, dari arahan Tim Penilai, secara keseluruhan lomba Aku Hatinya PKK di Rohul sudah baik. Namun penataan sayuran dan tanaman lebih teratur kedepannya.

“Tentu harapan kita mau yang terbaik, karena lomba kategori Aku Hatinya PKK hanya diikuti 2 Kabupaten/Kota, yakni Rohul dan Dumai. Secara keseluruhan kita sudah bagus, tapi ada masukan dari Tim Penilai agar kedepannya penataan tanaman sayuran kedepannya lebih teratur,” ujarnya

Lanjut Hj Sri Yulita, Ia berharap melalui Lomba Aku Hatinya PKK kedepannya dapat diimplementasikan ke masing-masing rumah tangga, sehingga manfaatnya betul-betul bisa dirasakan masyarakat apalagi dimasa Pandemi saat ini.

“Jadi tidak hanya untuk sekedar lomba saja atau karena ada kunjungan saja, tapi ini muaranya diharapkan masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing dengan menanam tanaman produktif, yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga di bidang pangan, mulai dari sayuran, ternak dan perikanan, tentunya dengan tetap menjaga kebersihan,” ajaknya

Ditempat yang sama, Tim Penilaian Ir Hj. Sefni Jamal mengatakan yang menjadi indikator penilaian lomba “Aku Hatinya PKK” adalah penempatan pekarangan rumah dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Diakui Hj Sefni, penilaian secara komprehensif dalam lomba “Aku Hatinya PKK” Rohul sudah bagus yang dilengkapi dengan pekarangan halaman rumahnya. Namun ia juga mengaku ada catatan sebagai evaluasi kedepannya terkait keteraturan.

“Sebagai besar sudah ada pekarangannya mungkin kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi

terkait keteraturan. “Aku Hatinya PKK” itukan ada Item teraturnya yang perlu diperbaiki, misalnya tanaman yang tinggi dibelakang, bunga didepan biasanya ada konsepnya juga,” paparnya ( Rls/Alfian)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait